Ilustrasi: Sejumlah santri tengah beraktivitas - (foto by krjogja)

22 Oktober Hari Santri Nasional, Ini Sejarahnya

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.idBERITA – Hari Santri Nasional setiap tahun diperingati di Indonesia pada tanggal 22 Oktober. Tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional 2020 mengusung tema, “Santri Sehat Indonesia Kuat.” Isu kesehatan ini diangkat berdasarkan kondisi yang terjadi Indonesia pada masa pandemi virus Corona COVID-19.

Penetapan tanggal 22 Okotber sebagai Hari Santri Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta.

Berdasarkankan catatan sejarah, penetapan Hari Santri Nasional merujuk pada peristiwa bersejarah yakni fatwa yang diserukan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. fatwa tersebut kemudian disebut sebagai Resolusi Jihad.

Fatwa itu berupa perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan. Seruan itu lantas menyulut semangat patriotisme rakyat Indonesia.

Keberadaan Hari Santri bukan merujuk pada kelompok atau pihak tertentu tapi pada seluruh umat Islam yang mengedepankan komitmen yang sama, yakni untuk menjaga keutuhan bangsa.

Penetapan Hari Santri tak lepas dari pentingnya peran santri sebagai bagian fundamental bangsa Indonesia. Hari Santri merupakan sebuah pemaknaan sejarah yang otentik, ketika perjuangan bangsa dibangun di atas keikhlasan dan ketulusan para santri. Santri dapat menjadi pemersatu umat, baik secara psikologis, ideologis, maupun politis.

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami