Agrowisata Taman Suruh, Banyuwangi - (foto by int)

9 Agrowisata di Indonesia dengan Pemandangan Asri

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.id, BERITA – Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan liburan berkualitas. Salah satu pilihan yang paling menarik adalah dengan mengunjungi  agrowisata. Tak hanya bisa menikmati pemandangannya yang indah, di sini Anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam berbagai aktivitas pertanian dan perkebunan.

Dirangkum KataKerja.id dari laman resmi Kemenparekraf, berikut 9 agrowisata yang bisa Anda kunjungi di masa adaptasi kebiasaan baru, di antaranya adalah;

1. Agrowisata Taman Suruh, Banyuwangi

Agrowisata yang berlokasi di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Selain sudah memiliki fasilitas khusus yang disiapkan untuk menjaga keamanan pengunjung, skema pembatasan pengunjung hingga pembelian tiket secara daring juga sudah disiapkan.

Daya tarik destinasi ini yakni Anda bisa melihat sekaligus mengonsumsi sayur serta buah-buahan organik yang dipetik langsung dari kebun. Ada juga padi hitam organik, 33 varietas melon serta bunga-bunga cantik yang akan memanjakan mata serta bisa menjadi latar belakang foto yang menarik.

2. Bagus Agro Pelaga, Bali

Liburan tak akan pernah membosankan kalau Anda mengeksplorasi Bali. Bosan dengan pantai? Saatnya mencoba agrowisata ke Bagus Agro Pelaga yang terletak di desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung Utara. Di sini Anda bisa menghirup udara segar dengan pemandangan nan hijau dan asri. Ada banyak kebun sayur, buah, dan bunga. Jika ingin menginap, ada beberapa vila yang bisa disewa

3. Narmada Botanic Garden, Lombok

Anda ingin mengunjungi Lombok dalam waktu dekat? Jangan sampai melewatkan Narmada Botanic Garden yang berada di Dusun Muhajirin, Desa Gandari, Narmada, Lombok Barat. Cukup dengan merogoh kocek Rp 5000 saja, Anda bisa mendapatkan banyak spot foto yang instagramable. Yang paling populer adalah foto dengan latar belakang bunga matahari. Rasakan juga pengalaman memetik buah di kebun yang luasnya mencapai 1 hektar ini!

4. Vin’s Berry Park, Bandung

Jika Anda kebetulan sedang berada di Kota Kembang, sayang sekali jika harus melewatkan kunjungan ke agrowisata Vin’s Berry Park. Kebun buah berry ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Lembang, Jawa Barat. Kebun seluas 2 hektar ini ditumbuhi sekitar  60 ribuan pohon yang terdiri atas pohon strawberry, raspberry, dan blackberry. Agar Anda bisa merasakan pengalaman memetik dan merasakan buah segar yang baru dipetik, Anda bisa terlebih dahulu bertanya kepada pihak pengelola. Di lokasi ini terdapat 6 green house  yang bibitnya berasal dari Amerika Serikat dan Inggris. Cocok banget deh buat Anda yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai proses tanam strawberry, raspberry maupun blackberry.

5. Agrowisata Bhumi Merapi, Yogyakarta

Yogyakarta bukan hanya tentang Malioboro tapi ada juga sederet destinasi menarik lainnya termasuk agrowisata yang belakangan viral di media sosial. Ya, destinasi tersebut adalah Agrowisata Bhumi Merapi yang berada di Jalan Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Dilihat dari namanya Anda tentu sudah bisa menebak bahwa destinasi ini terletak di lereng Gunung Merapi. Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sini mulai dari mencoba permainan di area outbound, berfoto di berbagai spot instagramable, hingga berkemah sambil berburu matahari terbit yang menakjubkan.

6. Agrowisata Sondokoro Karanganyar, Solo

Sudah saatnya Anda mengeksplorasi destinasi unik di Kota Solo. Ada Agrowisata Sondokoro yang awalnya merupakan sebuah pabrik gula. Agrowisata yang satu ini sangat unik karena mengusung konsep tempo dulu. Destinasi ini cocok untuk wisata keluarga terutama bagi yang memiliki anak-anak. Ada beragam wahana seru, misalnya saja Anda bisa mencoba naik kereta zaman dulu, lalu menikmati terapi ikan, hingga melihat benda bersejarah, dan menikmati area outbound.

7. Agrowisata Kopeng Gunungsari, Semarang

Bic. ara tentang agrowisata, tak boleh lupa dengan Agrowisata Kopeng Gunungsari yang menakjubkan. Destinasi ini bukanlah agrowisata biasa karena mengusung konsep gardu pandang di mana Anda akan disuguhi panorama Gunung Merbabu. Ada taman bunga dan kebun jambu yang bisa Anda petik dan makan secara langsung.

Di lokasi pariwisata ini, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Andong dan Telomoyo. Jika cuaca sedang cerah, Anda juga bisa menyaksikan Rawa Pening.

8. Kusuma Agrowisata Batu, Malang

Liburan ke Malang tidak akan lengkap kalau belum berkunjung ke Kusuma Agrowisata Batu yang terkenal akan wisata petik buahnya. Destinasi yang terletak di Jalan Abdul Gani, Batu, Malang ini memiliki luas sekitar 70 hektar. Lokasinya di atas ketinggian 1000 meter. Selain apel, agrowisata ini juga memiliki buah lainnya di antaranya jeruk, jambu merah, stroberi, buah naga, dan sayuran hidroponik. Untuk memuaskan jiwa petualangan Anda, jangan lupa mencoba bermain airsoft gun, flying fox, paintball combat, dan mengendarai ATV.

9. Mekarsari, Bogor

Nama Taman Buah Mekarsari pasti sudah tak asing bagi Anda. Ya, kan? Agrowisata di kota Bogor ini memang menjadi favorit banyak orang dan tak pernah membosankan. Bukan hanya melihat tumbuhan, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru misalnya saja bermain banana boat, floating doughnut, water bike, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang kurang tertarik dengan permainan air, silahkan mencoba mengendarai ATV.

 

 

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami