Kerusakan hutan akibat pembalakan liar - (foto by uletifansasti/greenpeace)

9 Dampak Negatif Penebangan Hutan Secara Liar

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.idBERITA – Masalah kehutanan semakin hari semakin mengkhawatirkan. Hal ini sejalan dengan munculnya berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan seperti global warming, efek rumah kaca hingga bencana alam.

Salah satu aspek yang tidak bisa lepas dari permasalahan lingkungan adalah hutan, karena hutan merupakan tempat hidup berbagai fauna dan flora. Hutan juga dikatakan sebagai paru-paru dunia. Tanpa hutan, mustahil keseimbangan alam akan tercapai.

Permasalahan di dalam hutan cukup sering terjadi, salah satunya adalah pembalakan liar atau penebangan hutan secara liar yang tentunya akan memicu berbagai masalah lainnya di masa yang akan datang.

Pembalakan liar atau penebangan liar yang juga dikenal dengan istilah illegal logging merupakan sebuah kegiatan penebangan, pendistribusian, hingga penjualan kayu secara tidak sah atau tanpa ada izin, sehingga menjadi sebuah bentuk ancaman.

Semua penebangan dan pengambilan hasil hutan tentu memiliki dampak. Apalagi jika penebangan tersebut dilakukan secara liar tanpa melakukan upaya-upaya pelestarian.

Tentu banyak kerugian dan dampak negatif yang ditimbulkan bagi lingkungan. Dirilis KataKerja.id dari laman Rimba Kita, Rabu (23/7/2020), berikut beberapa kerugian yang ditimbulkan dari kegiatan pembalakan liar atau penebangan hutan secara liar :

  1. Dampak ekonomi, karena kehilangan keragaman produk di masa yang akan datang. Selain itu ekonomi di sebuah kawasan akibat illegal loggingbaik secara langsung ataupun tidak pasti juga terpengaruh.
  1. Munculnya berbagai anomali di lingkungan, khususnya di sektor kehutanan. Hal ini menjadi ancaman dari proses deindustrualisasi sektor kehutanan.
  1. Kerugian bagi kehidupan juga terjadi karena penebangan hutan secara liar ini sehingga keseimbangan dan kelestarian alam tidak lagi terjaga. Secara tidak langsung juga berperan dalam menambah masalah lingkungan seperti pemanasan global dan semisalnya.
  1. Ketidakseimbangan hutan akibat penebangan liar ini akan menurunkan kemampuan hutan sebagai produsen oksigen, penahan air, dan sebagainya sehingga akan memicu banyak masalah lingkungan dan juga bencana alam.
  1. Salah satu dampak langsung yang akan dirasakan akibat penebangan liar adalah menurunnya kesuburan tanah. Hal ini dikarenakan hilangnya pohon-pohon yang selama ini menjadi ruang untuk air tanah berkumpul. Jika pohon-pohon hilang, air di dalam tanah akan mudah menguap karena terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini semakin lama akan menyebabkan tanah menjadi kering dan gersang. Tanah tidak lagi subur dan kehilangan banyak nutrisi. Sehingga penanaman kembali akan lebih sulit untuk dilakukan di tanah tersebut.
  1. Tidak hanya penurunan kualitas tanah, dampak lain dari adanya penebangan hutan secara liar adalah mengurangi sumber air. Sebagaimana yang diketahui bersama, bahwa pohon adalah salah satu bagian dari alam yang berkontribusi dalam menjaga siklus air di bumi. Jika pohon hilang dalam jumlah yang banyak, maka keseimbangan sumber daya air ini akan kacau dan menyebabkan tanah tidak lagi dapat menyerap lebih banyak air. Hal inilah yang mempengaruhi penurunan sumber daya air.
  1. Hutan adalah tempat tinggal alami bagi sebagian besar hewan dan tumbuhan. Keanekaragaman hayati banyak ditemukan di hutan dan jika hutan terus mengalami penurunan luas, maka keanekaragaman hayati pun akan ikut menurun. Hewan-hewan akan kehilangan rumah, demikian juga dengan berbagai macam tanaman yang biasa hidup di hutan. Maka bukan hal yang mustahil jika beberapa spesies akan mengalami kepunahan dari waktu ke waktu.
  1. Hutan adalah lingkungan yang perlu dijaga karena memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk menjaga keseimbangan alam agar bencana alam tidak terjadi. Namun, penebangan hutan yang dilakukan secara terus menerus, apalagi yang dilakukan secara ilegal, menyebabkan keseimbangan alam tidak lagi terjaga. Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan semisalnya akan mudah terjadi jika hutan semakin mengalami penurunan kuantitas dan kualitas.
  1. Pemanasan global terjadi karena alam yang tidak seimbang. Salah satunya adalah karena penurunan kualitas dan kuantitas hutan di dunia. Penebangan hutan yang dilakukan secara liar akan meningkatkan faktor penyebab pemanasan global tersebut.

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami