Ilustrasi: Free Fire - (by int)

Bantuan Pulsa, Untuk PJJ atau Free Fire?

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.idCATATANKAKI – Pada Sabtu, 24 Oktober 2020, saya menerima keluhan dari salah seorang guru di salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Sinjai. Sekolahnya berada di wilayah Kecamatan Sinjai Utara. Tak ada lagi blank spot di daerah ini. Menara provider telepon seluler bertebaran di mana-mana.

Wali kelas ini mengaku, dari 30 orang siswanya, yang kerap mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring, rata-rata hanya seperduanya. Selebihnya tidak mengisi daftar hadir online, dan akun PJJ Daring dalam mode non-aktif.

Jika satu-dua anak yang absen, mungkin gurunya masih bisa mentolerir. Bisa jadi orangtua si anak tidak punya smartphone, orangtuanya sedang keluar daerah, atau ibunya tengah memasak di dapur. Namun jika yang absen adalah setengahnya, maka kondisi ini patut dipertanyakan.

Apabila ada orangtua siswa mengaku ketiadaan jaringan internet. Kecamatan Sinjai Utara adalah ibukota kabupaten, di mana dengan mudah didapati signal dan akses internet. Tidak ada pulsa data? tunggu dulu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi, Nadiem Makarim telah menggelontorkan pulsa untuk siswa dan guru selama September-Desember 2020. Anggarannya tidak main-main. Rp9 triliun untuk pulsa atau kuota data, bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Bantuan tersebut diberikan setelah Mendikbud dan Dinas Pendidikan di daerah menerima keluhan dari masyarakat. Keluhannya berkutat pada pulsa dan kuota.

Nah, sekarang para siswa sudah menikmati 35 GB per bulan dan guru 42 GB per bulan. Kuota sebesar itu lebih dari cukup untuk PJJ Daring. Tapi tidak akan cukup jika pemakaiannya untuk Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, PUBG, Free Fire, Higgs Domino atau memutar lagunya D’LLoyd ‘Apa Salah dan Dosaku’ di YouTube.

Bila buku demikian bermutu, tak ada yang lama ataupun yang baru. Yang ada, Anda belum membacanya. Bila pulsa data demikian berguna, tak ada siswa yang tertinggal pelajarannya. Kecuali Anda menyalahgunakan peruntukannya.

Penulis

@zaza_ridwan

24 Oktober 2020

 

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami