Para wisatawan di Agrowisata Sondokoro - (foto by explorewisata)

Belajar Sejarah di Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.id, DESTINASI – Agrowisata Sondokoro adalah destinasi agrowisata yang awalnya merupakan sebuah pabrik gula di Karanganyar, Jawa Tengah. Destinasi ini sangat unik karena mengusung konsep tempo dulu.

Pabrik gula terbesar di Karanganyar ini masih berfungsi hingga sekarang, terutama ketika masa panen raya tebu tiba. Oleh karena itu, Agrowisata Sondokoro cocok dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata sejarah di Jawa Tengah.

Destinasi agrowisata ini tepat untuk keluarga, terutama bagi yang memiliki anak-anak. Ada beragam wahana seru. Para pengunjung bisa mencoba naik kereta zaman dulu, menikmati terapi ikan, hingga menikmati serunya bermain outbound.

Destinasi yang terletak di tempat yang sejuk dan memiliki berbagai wahana dan fasilitas wisata ini juga berdekatan dengan wisata Air Terjun Grojogan Sewu.

Agrowisata Sondokoro diambil dari nama sebuah desa yakni Sondokoro. Legenda masyarakat sekitar menyebutkan bahwa konon ada dua orang yang bernama Kyai Sondo dan Kyai Koro yang bertarung selama 40 hari dan 40 malam. Tujuan pertarungan ini adalah untuk mendapatkan menantu yang sama-sama mereka incar, yaitu Tumenggung Joyo Lelono. Namun kedua orang itu pada akhirnya tidak ada yang menang, alias seri. Dari kisah inilah nama Sondokoro diambil.

Agrowisata Sondokoro sendiri mulai dibangun pada tahun 2005 silam dan resmi dibuka sebagai objek wisata pada tahun 2006.

Jika Anda ingin berwisata di Agrowisata Sondokoro, alamat lengkapnya  di Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Surakarta, Jawa Tengah. Anda bisa berangkat dari kota Solo hanya dengan menempuh waktu sekitar 45 menit saja.

 

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami