Para gadis di Bride Market Stara Zagora - (foto by int)

Berburu Calon Istri di Bride Market Bulgaria

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.idBERITA – Di sebuah desa bernama Stara Zagora di Bulgaria, ada satu kegiatan yang terbilang unik bernama Bride Market atau Pasar Pengantin. Pada saat pelaksanaan Pasar Pengantin, para wanita muda dan masih perawan akan dipajang dan akan dipilih oleh para pria.

Para wanita yang dipilih dalam beberapa hari kemudian selanjutnya akan resmi jadi istri pria yang memilihnya. Syaratnya adalah para pria harus menebus calon pengantinnya dulu dengan sejumlah uang sebagai tanda pengikat dan bukti cinta.

Meski beberapa kalangan menganggap bahwa Bride Market seolah melecehkan martabat wanita, namun sebenarnya tidak demikian adanya. Di Desa Stara Zagora, wanita benar-benar sangat dijaga terutama para gadisnya. Mereka dilarang untuk melakukan kontak fisik berlebihan dengan laki-laki. Bertemu lawan jenis pun harus di rumah dan diawasi orang tua. Makanya, tak pernah ada cerita soal gadis Stara Zagora yang hamil duluan sebelum menikah.

Dengan kecantikan serta jaminan terjaga seperti itu, sudah barang tentu gadis-gadis Stara Zagora bagaikan bidadari di mata pria. Para pria pun sangat menantikan datangnya Bride Market yang digelar empat kali dalam setahun.

Saat pelaksanaan Bride Market, para pria langsung mencari calon istri terbaik. Caranya sama seperti saat akan membeli di pasar. Jika si pria berminat, si gadis yang didampingi orangtuanya akan langsung mengajukan penawaran harga.

Pria kaya paling punya kesempatan karena mereka bisa membayar berapa pun yang diminta. Meskipun demikian, jadi tidaknya tetaplah ada di tangan si gadis. Mau sekaya apapun si pria, jika si gadis tidak suka, yah tak ada pernikahan. Harga pengantin di Stara Zagora berkisar antara Rp37 juta hingga Rp73 juta.

Harganya sendiri ditentukan oleh dua hal. Pertama, keahlian pihak pria saat menawar. Kedua yakni fisik si gadis. Semakin cantik dan rupawan, harga pinangannya tentu akan makin mahal.

Saat seorang gadis berhasil dipinang dengan harga yang sesuai, maka uang tersebut tak hanya menjadi miliknya, tapi juga keluarga. Inti dari acara ini sebenarnya adalah untuk membantu keluarga mendapatkan tambahan uang dalam jumlah yang besar sekaligus.

Stara Zagora adalah desa yang kondisi ekonominya lemah. Mereka hidup sangat sederhana dengan apa yang ada. Makanya, dengan adanya acara ini, perekonomian keluarga bisa sangat terbantu. Seperti inilah tata cara pria Stara Zagora memilih jodohnya.

 

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami