Lord Baden Powell (tengah) - (foto by int)

Jejak Peristiwa Hari Ini : 30 Juli

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.idBERITA – Jejak peristiwa yang pernah terjadi pada tanggal 30 Juli, hingga hari ini masih tercatat dengan baik dalam lembaran sejarah. Dirangkum oleh KataKerja.id dari wikipedia.org, berikut deretan sejumlah peristiwa penting yang terjadi di dunia maupun di Indonesia pada tanggal 30 Juli:

30 Juli 1920 – Jambore Pertama Pramuka Dunia

Jambore Pramuka Dunia pertama kali digelar pada tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus 1920 di Olympia, London, Inggris. Sekitar 8.000 Pramuka dari 34 negara hadir dalam acara tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan di sebuah bangunan beratap kaca. Salah satu acara dalam kegiatan tersebut adalah pengakuan peserta yang hadir terhadap Baden-Powell sebagai pendiri Kepanduan, serta diakuinya Baden-Powell sebagai Pemimpin Kepanduan Dunia.

30 Juli 1966 – Inggris Juara Piala Dunia 1966

Inggris menjuarai Piala Dunia FIFA 1966 yang merupakan edisi ke-8 turnamen sepak bola Piala Dunia FIFA. Turnamen ini diselenggarakan di Inggris pada tanggal 11 hingga 30 Juli 1990. 16 tim berpartisipasi pada putaran final. Pertandingan dilaksanakan di 8 stadion di Inggris. Sebelum pelaksanaan turnamen, trofi turnamen sempat dicuri, namun berhasil ditemukan empat bulan sebelum pelaksanaan putaran final oleh seorang anjing bernama Pickles.

Tuan rumah Inggris menjuarai turnamen ini untuk pertama kalinya setelah menang atas Jerman Barat dengan skor 4–2 setelah perpanjangan waktu pada pertandingan final di Stadion Wembley, London pada tanggal 30 Juli 1966.

Keberhasilan itu menjadikan Inggris sebagai tim ke-5 yang menjuarai Piala Dunia, dan tuan rumah ketiga yang menjuarai turnamen ini setelah Uruguay pada 1930 dan Italia pada 1934.

30 Juli 1980 – Vanuatu Menyatakan Kemerdekaannya

Republik Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan. Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Vanuatu dihuni oleh bangsa Melanesia seperti orang Papua. Orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau ini adalah Fernandes de Queiros dari Portugis beserta armadanya dari Spanyol yang sampai ke daerah ini pada tahun 1606.

Pada tahun 1880, kepulauan ini jatuh ke tangan Prancis dan Britania Raya. Pada tahun 1906, kedua negara ini setuju untuk membentuk pemerintahan bersama atau kondominium yang diberi nama Hebrides Baru. Gerakan kemerdekaan mulai muncul tahun 1970, dan akhirnya Republik Vanuatu menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 30 Juli 1980. Vanuatu kemudian menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Britania, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik.

30 Juli 1996 – Hari Kelahiran Fatin Shidqia Lubis

Fatin Shidqia Lubis lahir di Jakarta, 30 Juli 1996. Penyanyi bertubuh imut ini lebih dikenal dengan Fatin Shidqia atau Fatin. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama. Setelah menjuarai ajang tersebut, Fatin mengeluarkan debut single “Aku Memilih Setia” yang langsung menempati posisi 1 di chart iTunes Indonesia.

30 Juli 2020 – Kantor Dinkes Sulsel Terbakar

Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, terbakar pada Kamis pagi, 30 Juli 2020.

Dari data yang dihimpun, beberapa ruangan yang terbakar di lantai 2 yaitu ruang kepala dinas, ruang PSDK (pelayanan dan sumber daya kesehatan), ruangan bagian keuangan, program, dan data.

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami