Pemantik api - (foto by int)

Peralatan Survival yang Wajib Dimiliki Para Petualang

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.idDESTINASI – Kondisi survival atau keharusan bertahan hidup hingga menemukan bantuan atau datangnya tim penolong akan berbeda-beda, tergantung medan petualangan yang dihadapi.

Pendaki gunung yang tersesat di lembah yang curam, kayaker yang mengalami masalah dan kehilangan kayaknya di tengah pengarungan, atau caver yang sedang menyusuri goa lalu terjebak banjir, semua punya cara sendiri untuk bertahan hidup.

Jika Anda adalah petualang yang suka mendaki gunung, trekking menempuh rimba, atau fotografi alam liar, maka bahaya tersesat adalah risiko yang selalu mengintai. Karena itu, persiapan yang matang merupakan suatu kewajiban untuk mengantisipasi risiko tersebut, mulai dari perencanaan rute tempuh, kebugaran fisik, hingga kesiapan peralatan dan perlengkapan.

Berikut  peralatan yang wajib dimiliki oleh petualang jika terpaksa menghadapi kondisi survival dirilis KataKerja.id dari laman Penjelajah.

Peralatan yang wajib dimiliki untuk survival:

1.Swiss Army Knife

Swiss Army Knife pada awal mulanya merupakan peralatan yang digunakan tentara Jerman sewaktu perang dunia. Pisau ini adalah alat multifungsi yang wajib kamu miliki saat traveling ke alam bebas.

Tidak hanya sekedar pisau biasa yang bisa dilipat dengan mudah, Swiss Army Knife sudah dilengkapi dengan gunting, obeng kecil, jam, kikir kuku, kaca pembesar, serta pembuka botol. Karena itu jenis pisau ini menjadi koleksi penting untuk dibawa saat berkegiatan outdoor.

Tergantung model Pisau Swiss Army yang kamu miliki, kamu bahkan juga bisa menggunakan pisau ini untuk berburu hewan saat kehabisan bahan makanan sewaktu survival.

2.Pemantik Api Swedish Army Firesteel

Api merupakan salah satu elemen esensial untuk bertahan hidup di tengah hutan belantara, yaitu berfungsi untuk menghangatkan tubuh, penerangan, dan memasak makanan.

Di hutan tropis seperti di Indonesia, ketika kondisi udara lembab atau basah, korek api biasa akan sulit untuk menyala. Karena itu pemantik api seperti Swedish Army Firesteel sangat berguna di kala darurat dan termasuk alat yang direkomendasikan untuk dibawa saat berkegiatan outdoor.

3.Selimut Termal atau Emergency Blanket

Tersesat di pegunungan atau hutan yang merupakan penyebab paling banyak meninggalnya korban saat tersesat.

Selimut Termal atau dikenal juga dengan Emergency Blanket adalah salah satu alat yang direkomendasikan untuk kamu bawa dalam perjalanan. Emergency blanket akan menginsulasi suhu tubuh agar panasnya tidak keluar dari selimut ketika digunakan, sehingga mampu menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah hipotermia.

Insiden yang mengakibatkan kematian di gunung tak jarang terkait dengan hipotermia. Maka dari itu, peralatan selimut termal atau emergency blanket ini sangat penting untuk kamu miliki dan pastikan kamu bawa bersama kamu. Saat ini, keberadaannya mudah ditemukan dan bisa dibeli online.

4.Sedotan Filter Air

Air adalah kebutuhan utama manusia yang tidak bisa hidup tanpa minum air lebih dari 3 hari. Maka mencari sumber air ketika tersesat merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar tidak mengalami dehidrasi.

Seringkali sumber air terdekat yang ditemukan tidak ideal untuk diminum langsung. Karena itu peralatan filter air yang praktis dan ringan sangat dibutuhkan. Dengan sedotan filter air, kamu bahkan bisa meminum air yang terdapat pada lumpur atau kubangan.

5.Ransum Tinggi Kalori

Sebagai antisipasi keadaan darurat, ada baiknya kamu juga menyiapkan cadangan makanan khusus untuk survival atau sering dikenal dengan istilah ransum tinggi kalori.

Ransum memiliki bobot yang ringan, tahan lama dalam penyimpanan, dan yang terutama memiliki kalori tinggi untuk memberikan energi cukup ketika harus survival. Satu keping biskuit ransum bisa memberi kamu tenaga hingga 6-8 jam!

6.Perlengkapan P3K

Perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) sebenarnya merupakan peralatan wajib dan standar untuk traveling jenis apa pun. Namun perlengkapan ini kerap sekali terlupa untuk dibawa, bahkan tidak sedikit orang yang enggan untuk membawa perlengkapan P3K. Padahal pada saat kondisi darurat, yang pertama kali dibutuhkan adalah peralatan P3K.

 

 

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami