Taman Buah Mekarsari - (fotob by int)

Wisata Edukasi di Taman Buah Mekarsari Bogor

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KataKerja.id, DESTINASI – Taman Buah Mekarsari adalah destinasi agrowisata buatan seluas 264 hektare yang terletak di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Taman Buah Mekarsari bertujuan menciptakan kebun hortikultura yang terdiri dari kebun buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias yang berfungsi sebagai kebun koleksi dan sebagai sumber plasma nutfah, dan diharapkan menjadi taman rekreasi hortikultura yang dapat dikembangkan menjadi pusat studi hortikultura terutama untuk tanaman buah-buahan dan sayuran dataran rendah.

Mekarsari Taman Buah dirancang dengan pola Lamtoro Gung sebagai tema utamanya karena tanaman tersebut merupakan simbol tanaman yang serbaguna, sebagai pelestari lingkungan hidup dan pemenuhan kebutuhan hidup.

Berdasarkan catatan sejarahnya, Taman Buah Mekarsari dibangun di atas areal lahan bekas perkebunan karet milik PTP IX yang sudah tidak produktif. Taman ini dibangun atas prakarsa istri mantan presiden ke-2 RI Soeharto yakni Ibu Tien Soeharto selaku ketua Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (YPBP).

Bertepatan dengan hari pangan sedunia pada tanggal 14 Oktober 1995 silam, Taman Buah Mekarsari resmi dibuka oleh Presiden Soeharto. Pengelolaannya sendiri ditangani oleh PT Mekar Unggul Sari (MUS) sejak tanggal 14 April 1994 untuk menjaga tujuan awal berdiri serta pengembangannya sebagai objek agrowisata pilihan, pusat pendidikan dan penelitian, serta pusat pelestarian plasma nutfah tanaman hortikultura.

Taman seluas 264 hektare ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan domestik maupun asing. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam. Diantaranya : wahana wisata kebun buah, wisata air, wisata bermain ,wisata berkendara dan beragam wahana lainnya.

Bagikan Ke
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Topik Terkait

About Us

Katakerja.id adalah perusahaan pers dengan platform berita berbasis online yang dibuat berlandaskan kaidah-kaidah jurnalisme yang baik dan benar. Kami berharap bisa memberi manfaat dalam upaya menghadirkan optimisme dan menciptakan semangat positif di negeri ini.

Office

©2021  |  

katakerja.id  |  

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami